Education



APA ITU CRYPTOCURRENCY ?

APA ITU MATA UANG KRIPTO

Mata uang Kripto adalah nama umum yang mengacu pada semua mata uang digital terdesentralisasi yang dienkripsi menggunakan kriptografi untuk mengamankan transaksi dan mengendalikan penciptaan koin baru. Biasanya mata uang Kripto adalah merupakan sumber yang terbuka dengan publik, dan dengan mengenkripsi buku besar dari semua transaksi yang membuatnya menjadi sulit untuk dipalsukan. Hal terpenting bagi mata uang Kripto adalah bahwa pemerintah sama sekali tidak memiliki kendali atas nilai mata uang Kripto dan tidak dapat memanipulasinya karena sepenuhnya terdesentralisasi.

MEMBEDAH MATA UANG KRIPTO

Mata uang Kripto adalah sarana pembayaran yang cepat dan nyaman dengan cakupan di seluruh dunia, bersifat pribadi dan tanpa nama sehingga bisa dijadikan alat pembayaran untuk pasar gelap dan aktivitas ekonomi terlarang lainnya, seperti pencucian uang dan penghindaran pajak.
Mata uang Kripto yang pertama adalah Bitcoin. Diluncurkan pada tahun 2009 oleh seorang individu atau kelompok yang dikenal dengan nama Satoshi Nakamoto, sebagai sistem kas digital tanpa entitas pusat, Bitcoin memperoleh popularitasnya karena bisa memecahkan banyak masalah keuangan yang fiat. Pada akhir April 2017, total nilai semua Bitcoin yang ada melebihi 20 miliar dolar AS, dengan nilai tukar mencapai jutaan dolar Bitcoin setiap harinya. Kesuksesan Bitcoin telah melahirkan sejumlah kripto yang bersaing, seperti Litecoin, Namecoin dan PPCoin.

MANFAAT DAN KERUGIAN MATA UANG KRIPTO

Mata uang Kripto membuat transfer dana antara dua pihak dalam transaksi di seluruh dunia menjadi sangat mudah; transfer ini difasilitasi melalui password publik yang berhubungan kembali dengan akun pribadi, sehingga transaksi keduanya anonim dan terenkripsi. Transfer dana ini dilakukan dengan biaya pemrosesan minimal, yang memungkinkan pengguna menghindari biaya proses lainnya yang dikenakan oleh sebagian besar bank dan lembaga keuangan untuk transfer rekening.
Teknologi blockchain adalah salah satu konsep dasar dalam kebanyakan sistem mata uang Kripto. Secara singkat, blockchain adalah tempat semua data transaksi disimpan, dompet yang bisa memeriksa dan digunakan untuk mengkonfirmasi kepemilikan Bitcoin, dan bagaimana cara kerja bitcoin baru. Blockchain benar-benar berada di jantung Bitcoin dan sebagian besar mata uang digital lainnya.
Banyak pakar melihat blockchain ini memiliki kegunaan penting dalam teknologi, seperti pemungutan suara online dan metode penghitungan crowdfunding, dan lembaga keuangan utama seperti JP Morgan Chase melihat potensi dalam mata uang Kripto untuk menurunkan biaya transaksi dengan membuat pemrosesan pembayaran menjadi lebih efisien.
Namun, karena mata uang Kripto bersifat digital dan tidak memiliki penyimpanan pusat, keseimbangannya dapat dihapus oleh komputer jika salinan cadangan dari kepemilikan tidak ada. Karena harga didasarkan pada penawaran dan permintaan, maka suku bunga di mana mata uang Kripto yang dapat ditukar dengan mata uang lain dapat berfluktuasi secara luas.
Mata uang Kripto kemungkinan terkena serangan hack, malware dan key logger. Dalam sejarah singkat Bitcoin, perusahaan tersebut telah mengalami lebih dari 40 pencurian, termasuk beberapa di antaranya bernilai $1 juta.

Meskipun masa depannya tidak pasti, mata uang Kripto tampaknya lebih dari sekadar iseng. Sekarang di tahun 2017, mata uang Kripto sudah menciptakan pasar yang berkembang (walaupun pro dan kontra) dan kemungkinan bertahan dalam jangka waktu yang lama.


Resource


Latest Articles

  • Education

    APA ITU CRYPTOCURREN...

    Mata uang Kripto adalah nama umum yang mengacu pada semua mata uang digital terdesentralisasi yang dienkripsi menggunakan kriptografi untuk mengamankan transaksi dan mengendalikan penciptaan koin baru...

  • Education

    APA ITU PIPS DAN LOT...

    Dari pembicaraan para trader anda mungkin mendengar kata seperti pip dan lots. Ini adalah dua hal yang paling penting yang perlu anda ketahui sebelum melakukan trading di pasar Forex.

  • Education

    BAGAIMANA CARA MELAK...

    Ketika anda membeli/menjual satu mata uang terhadap mata uang yang lain, artinya anda membuka posisi panjang/pendek pada pasangan ini. Sebagai contoh, harga EUR/USD saat ini adalah 1,1000. Jika anda b...